Campur Sari

Jumat, 26 Oktober 2012

Mobil murah datangkan kemacetan


Mungkin bagi beberapa orang yang khususnya kalangan ekonomi menengah keatas akan merasakan kebahagiaan tersendiri, karena adanya mobil murah yang akan diproduksi pabrikan Toyota, Daihatsu, Honda dan lain-lain yang akan dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga 75-100juta.

Akan tetapi, ini akan berdampak buruk bagi ibukota Jakarta. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa memprediksi kemacetan total akan melanda Jakarta pada tahun 2014 jika tidak ada kebijakan ekstrem dalam membatasi pertumbuhan jumlah kendaraan. Saat ini, pertumbuhan kendaraan mencapai 700 kendaraan per hari. "Kalau melihat pertumbuhan kendaraan sekitar 700 per hari, maka kami prediksi 2014 jalan di Jakarta sudah stuck. Kalau tidak ada kebijakan membatasi angka kendaraan tentu akan semakin parah kondisinya." ujar Royke, di Polda Metro Jaya.

Jika membayangkan apabila pada tahun 2014 itu benar-benar terjadi kemacetan hingga mengalami stuck (tak bisa bergerak), tentu sangat mengerikan sekali dan sangat merugikan bagi perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta sehingga distribusi barang akan lama sampai dan karyawan banyak yang datang terlambat bahkan bisa melumpuhkan perekonomian di Jakarta dan satu lagi bisa saja nanti banyak orang yang akan bermalam dimobilnya dikarenakan macet total.

Kejadian seperti ini tentu sangat merugikan bagi hampir semua warga Jakarta dan sekitarnya kecuali produsen mobil tersebut. Maka dari itu kita berharap bahwa pemerintah daerah maupun pusat bisa mengatasi masalah tersebut.

Berikut pemecahan masalah kemacetan yang paling efektif menurut saya :

  • Menaiki tarif parkir mobil
  • Menaikan pajak import mobil dan pajak penjualan  
  • Menambah atau membangun transportasi baru seperti monorel atau MRT, mengganti alat transportasi yang sudah tua atau tak layak jalan agar masyarakat lebih memilih transportasi umum dari pada membawa kendaraan pribadinya.         
  • Melarang mobil memakai bahan bakar bersubsidi

0 komentar:

Posting Komentar