PENGERTIAN SOFTSKILL
Softskill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Softskill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Softskill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Softskill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri, dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Softskill yang dibutuhkan oleh seorang akuntan dan auditor
diantaranya adalah:
Jujur
disiplin
Bertanggung jawab
Ramah
Sopan
Cepat beradaptasi
Hard worker
Teliti
Cerdas
Peka
Empati
Perhatian
Team work
Leadership
Loyalitas
Selain itu ada 6 hal yang harus diperhatikan bagi seorang
akuntan dan auditor diantaranya
1. Adaptation
Adaptasi sangat diperlukan untuk mempermudah mereka dalam
pengerjaan tugasnya. Adaptasi yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang
maksimal pula.
2. Teamwork
Dengan kerjasama yang baik, pekerjaan yang dilakukan akan
sesuai dengan apa yang diharapkan bahkan bisa selesai dengan tepat waktu.
3. Communication
Akuntan harus berkomunikasi dengan sesama akuntan agar dalam
proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih mudah sedangkan auditor
memerlukan komunikasi yang baik dalam penyampaian keputusan yang diambil kepada
kliennya.
4. Critical observation
Harus mampu mengamati suatu masalah yang terjadi dalam
pelaporan dan pengambilan keputusan secara kritis.
5. Problem Solving
Mampu memecahkan masalah yang terjadi dalam proses pelaporan
dan pengambilan keputusan.
6. Complication
Mampu mengatasi kesulitan yang terjadi dalam membuat laporan
keuangan dan mengambil keputusan.
Dengan softskill yang baik, Hardskill yang yang dimiliki
akan berkembang dengan baik pula. Keduanya saling berkaitan dalam melakukan hal
apapun termasuk dalam profesi Akuntan dan Auditor. Seseorang dapat menjadi
seorang Akuntan dan Auditor yang sukses apabila memiliki kemampuan dan
softskill yang baik seperti softskill-softskill yang sudah saya jelaskan
diatas.
NAMA
: AGUNG MAULANA
NPM
: 20210297
KELAS
: 3 EB 10
0 komentar:
Posting Komentar