Campur Sari

Jumat, 26 November 2010

Dasar Pemasaran

Setiap ahli pemasaran atau yang ingin menjadi salah satunya, wajib membaca buku ini! Bukan tanpa alasan, buku ini berjudul "Dasar-dasar Pemasaran". Karena pengetahuan yang diulas dalam buku ini memang menjadi dasar pijakan dalam melakukan aktivitas pemasaran. Seperti yang orang bijak katakan, perbuatan yang dilakukan tanpa ilmu, seperti orang yang berjalan bukan pada jalurnya, semakin cepat ia berjalan hanya akan semakin menjauhkannya dari tujuan sebenarnya.
Maka dari itu, membaca buku ini adalah salah satu cara untuk mendapat pengetahuan awal tersebut. Baiklah, mari kita ulas sedikit demi sedikit mengenai bagian-bagian dari buku ini.
  1. Bagian 1 buku ini membahas mengenai bagaimana kita memahami pemasaran yang didalamnya kita bisa menemukan dasar-dasar sosial dari pemasaran, dilanjutkan oleh proses manajemen pemasaran.
  2. Bagian 2 dari buku ini membahas mengenai cara mengorganisasi proses perencanaan pemasaran. Didalamnya pembahasan mencakup perencanaan strategik dan perencanaan pemasaran, Sistem Informasi dan Riset pemasaran. Dengan diberikannya beberapa kasus maka kita akan lebih mudah untuk memahami bagaimana cara untuk mengimplementasikan teori yang diberikan.
  3. Bagian 3 menganalisis kesempatan pasar, hal ini sangat dibutuhkan bagi kita yang memang hobi untuk membuat riset mengenai pasar dari produk tertentu.
  4. Bagian 4 membahas mengenai bagaimana kita memilih pasar sasaran, didalamnya dibahas mengenai mengukur dan meramal permintaan, segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran, dan menentukan posisi pasar.
  5. Bagian 5 membahas mengenai bagaimana mengembangkan marketing mix, topik didalamnya antara lain bagaimana kita mendesain produk serta strategi pengembangan produk baru dan selain itu juga mengenai daur hidup produk.
Buku ini patut diperhitungkan sebagai buku yang membahas pemasaran secara lengkap. Menentukan dasar-dasar sosial pemasaran sangat penting karena pemasaran adalah mengenai bagaimana kita dapat mengisi pundi-pundi kantong kita melalui pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar terhadap suatu produk. Pengetahuan kita akan kebutuhan dari masyarakat memungkinkan kita mampu mendesain rencana aktivitas pemasaran tepat sasaran.
Pembahasan lebih lanjut mengenai bab per bab buku ini di bahas pada ringkasan per bab pada tulisan lain.

0 komentar:

Posting Komentar