Campur Sari

Selasa, 07 Juni 2011

Perkembangan Perekonomian Masa Depan


Perkembangan Perekonomian Masa Depan

Indonesia menerapkan sistem ekonomi campuran, di mana baik pemerintah maupun privat memiliki kontrol atas bekerjanya sistem perekonomian. Kontrol pemerintah atas bekerjanya produksi, distribusi, dan konsumsi tidak harus diwujudkan dalam bentuk kepemilikan atas faktor-faktor produksi, tapi juga dalam bentuk regulasi dan pengawasan.
Semua sistem perekonomian bertujuan mewujudkan kesejahteraan rakyatnya, tidak terkecuali sistem yang lebih menekankan pada peranan sektor privat dan pasar. Fungsi pemerintah menjamin bekerjanya pasar secara efisien dalam menentukan produksi, distribusi, dan konsumsi untuk mencapai tujuan kesejahteraan rakyatnya dengan melakukan regulasi dan pengawasan.
Perkembangan perekonomian pada masa yang akan datang diperkirakan sebagai berikut :
v  Pertumbuhan Indonesia yang kuat terus berlanjut, dengan tantangan jangka menengah untuk memperkuat dan mempertahankan prestasinya.
v  Permintaan dalam negeri terus menyokong prestasi pertumbuhan Indonesia.
v  Faktor-faktor sementara mendorong peningkatan inflasi umum dengan peningkatan harga beras dalam negeri menggerakan inflasi keranjang kemiskinan naik dengan tajam.
v  Aliran modal kembali masuk dengan deras, menciptakan suatu tantangan bagi kebijakan moneter.
v  Pemerintah merencanakan untuk mendorong belanja modal untuk mendanai pembangunan infrastruktur dan melanjutkan program sosial bagi kaum miskin.
v  Risiko jangka pendek masih besar tetapi telah menurun, sementara tantangan kebijakan tetap bertahan
v  Memenuhi sasaran pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan jangka menengah Pemerintah membutuhkan kemajuan pada jajaran reformasi struktural, didukung oleh belanja yang terukur.

Jadi perkembangan perekonomian masa depan perlu diperhatikan, agar menjadi harapan bangsa yang memiliki tujuan mensejahterakan rakyatnya.


0 komentar:

Posting Komentar