Campur Sari

Senin, 25 Oktober 2010

UNIVERSITAS GUNADARMA



I. Sejarah UNIVERSITAS GUNADARMA (Prof. Dr. Ir. Dali S. Naga., MM.)
     Dalam rangka mengembangkan pendidikan, sekelompok manusia pendidik mulai melihat suatu kenyataan baru. Segera pula kelompok manusia pendidik itu mengambil tindakan kasat mata. Pada hari jumat, 7 agustus 1981 mereka membuka Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang menampung 91 orang mahasiswa. Dan pada hari senin, 10 agustus 1981 kuliah pertamapun dimulai. Melalui asuhan Yayasan Pengembangan Sistem Analis dan Operation Research Matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan itu berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI).
     Pendidikan computer dan matematika inipun kemudian dimantapkan lagi ke wadah yang lebih tinggi lagi yakni yang berbentuk sekolah tinggi. Pada hari kamis, 21 juni 1984 nama Gunadarma dipilih untuk menjadi nama dari sekolah tinggi itu dan pada hari senin, 9 juli 1984 Yayasan Pengembangan Sistem Analis dan Operation Research Matematika diganti menjadi Yayasan Pendidikan Gunadarma, sehari kemudian pada tanggal 10 juli 1984 melalui Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan dalam sekolah tinggi itu menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG).
     Pemantapan ini kemudian dikukuhkan lagi melalui keputusan yang dirintis oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah III. Pada hari selasa, 14 agustus 1984 kopertis III memberikan izin operasional kepada STKG. Dan pada hari jumat, 28 september 1984 diselenggarakan upacara wisuda pertama setara sarjana muda.
     Pada dimensi pendidikan ini STKG memperolah kemajuan yang cukup pesat. Pada hari sabtu, 5 oktober 1985 melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus Terdaftar dengan nama baru Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma) juga mengasuh dua Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Satu (S1) serta Jenjang Pendidikan Tinggi Strata Nol dalam bentuk Diploma Tiga (D3) bersama status itu, Sekolah Tinggi ini mengasuh dua Jurusan juga yakni Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Dan sebagai pemantapan lebih lanjut pada hari selasa, 29 juli 1986 STMIK Gunadarma memperoleh Statuta baru dari Yayasan Pendidikan Gunadarma.
     Pada hari selasa, 13 januari 1987 untuk pertama kali STMIK Gunadarma menyelenggarakan Sidang Sarjana yang diikuti oleh tiga mahasiswa. Demikianlah pada hari sabtu, 24 januari 1987 STMIK Gunadarma menyelenggarakan wisuda sarjana yang pertama hingga September 1994 STMIK Gunadarma telah melampaui sidangnya yang ke-150.
     Pada hari senin, 4 januari 1988 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 006/O/1988 Status Terdaftar pada program studi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer dinaikkan menjadi Status Diakui. Dan sekali lagi pada tanggal 12 agustus 1989 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/0/1989 status kedua program studi itu dinaikkan menjadi Status Disamakan.
     Pada hari selasa, 13 januari 1987 untuk pertama kali STMIK Gunadarma menyelenggarakan Sidang Sarjana yang diikuti oleh tiga mahasiswa. Demikianlah pada hari sabtu, 24 januari 1987 STMIK Gunadarma menyelenggarakan wisuda sarjana yang pertama hingga September 1994 STMIK Gunadarma telah melampaui sidangnya yang ke-150.
     Pada hari senin, 4 januari 1988 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 006/O/1988 Status Terdaftar pada program studi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer dinaikkan menjadi Status Diakui. Dan sekali lagi pada tanggal 12 agustus 1989 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/0/1989 status kedua program studi itu dinaikkan menjadi Status Disamakan.
     Pengembangan program pendidikan terus berlanjut hingga pada hari selasa, 4 juli 1989 STMIK Gunadarma membuka lagi jurusan baru yakni Teknik Informatika dan pada tanggal 20 februari 1992 program studi ini memperoleh Status Disamakan. Pada hari senin 10 mei 1993 STMIK Gunadarma dilengkapi lagi dengan Program Pasca Sarjana Strata Dua bidang Manajemen dan Sistem Informasi.
     Disamping bidang manajemen informatika, teknik computer, dan teknik informatika Gunadarma juga melangkah ke bidang lain. Pada hari sabtu, 13 januari 1990 Gunadarma mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma atau dikenal STIE Gunadarma. Di dalam STIE Gunadarma terdapat dua jurusan yakni Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. STIE Gunadarma memperoleh status Terdaftar pada hari kamis tanggal 16 juni 1990 serta mulai berkuliah pada hari senin 17 september 1990.
     Sejalan dengan STMIK Gunadarma status STIE Gunadarma juga mengalami kemajuan yang pesat. Dari Status Terdaftar memperoleh Status Diakui dan kemudian Status Disamakan sampai bulan September 1994 STIE Gunadarma telah menjalankan tiga kali wisuda.
     Kalau pada saat awal lokasi pendidikan hanya terdapat di Kampus Jalan Kenari maka pada waktu kemudian lokasi itu bertambah dengan Kampus Kramat Sentiong dan Kampus Salemba. Demikianlah pada hari sabtu, 9 maret 1985 Gunadarma mengadakan upacara peletakan batu pertama di Kampus Pondok Cina Depok dan pada hari senin 5 januari 1987 dengan suatu upacara gedung pertama di Kampus Pondok Cina Depok diresmikan penggunanya. Selain Pondok Cina prasarana kampus dipersiapkan juga di Beji namun karena akses jalan yang belum memadai maka kampus Beji belum diwujudkan. Pada hari kamis 8 februari 1989 Gunadarma menambah kampus baru di Jalan Raya Salemba No. 53 dan mulai digunakan pada bulan mei 1990.Pada bulan januari 1991 Gunadarma memperoleh tanah di Kelapa Dua yang terletak di Jalan Akses UI di dekat Pondok Cina. Pada hari kamis 28 maret 1991 batu pertama di Kampus Kelapa Dua diletakkan pada tanggal 17 september 1991. 
     Setelah 15 tahun lamanya lembaga pendidikan ini berdiri sambil merayap dari Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang bersahaja ke Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI) yang lebih sederhana ke STMIK dan STIE Gunadarma yang lebih mantap maka pada tahun 1996 lembaga pendidikan itu berhasil sampai ke taraf yang sudah lama dicita-citakan. Melalui Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 92/KEP/DIKTI/1996 tanggal 3 april 1996. Lembaga pendidikan itu berhasil dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma (UG)
II. ARTI DAN LAMBANG UNIVERSITAS GUNADARMA  
 
Tangkai Obor Berdiri Tegak  
Melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa
Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam
Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukkan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat
Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Adalah suatu bentuk geometris yang memberikan cirri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan
Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila
III. PIMPINAN UNIVERSITAS GUNADARMA 
Prof. Dr. E. S. Margianti, S.E., M.M  (REKTOR)
Dr. Ravi A. Salim  (PEMBANTU REKTOR I)
Prof. Suryadi H. S., S.Si., M.M.S.I. (PEMBANTU REKTOR II)
Irwan Bastian,S.Kom.,M.M.S.I. (PEMBANTU REKTOR III)
Prof. Dr. Didin Mukodim, M.M (PEMBANTU REKTOR IV)
IV. VISI, MISI dan Tujuan Universitas Gunadarma
VISI
“Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia”
MISI
“Memberi kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbangkan pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, professional, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan, dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.”
TUJUAN
“Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumberdaya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara.”

kunjungi website Universitas Gunadarma : http://gunadarma.ac.id/

0 komentar:

Posting Komentar